Cara Membuat Modem USB Menjadi Wireless Hotspot

Apakah kalian mempunyai modem usb dan berandai-andai:

“Coba aja modem ini bisa jadi wireless hotspot, kan jadinya ga usah beli paket data lagi buat hp.”

Atau mungkin kalian pernah punya modem wireless, terus ilang. Lantas sebagai gantinya harus puas dengan modem usb sambil membayangkan saat-saat indah bersama mantan modem wireless itu? 

Sama dong.

Ternyata mimpi itu bisa diwujudkan dengan memanfaatkan Microsoft Hosted Network Virtual Adapter. Cara ini bisa dilakukan di laptop dengan OS Windows 7++. Sebenarnya banyak yang udah ngeshare tentang cara membuatnya di internet, cuma kalau ternyata kalian tersesat di sini, ya sudah sekalian melihat catatan saya ini. Oh ya ga cuma share dari modem loh, ini juga bisa buat share wifi atau kabel ethernet yang ada di laptop jadi wireless adaptor!

In a perfect world, sebenarnya caranya cukup sederhana kok. Ini dia:

  1. Cek ketersediaan Microsoft Hosted Network Virtual Adapter
    Caranya buka command prompt sebagai admin. Belum tahu gimana?
    *Yang udah bisa boleh sekip*
    Tekan tombol windows di keyboard (di sebelah kiri spasi, ada yang gambar jendela gitu) bersamaan dengan tombol ‘x’. Nanti muncul tampilan gini:
    1

    Pilih yang dicentang ya

    Ketik ini di command prompt:

    netsh wlan show driver

    Cari tulisan ‘Hosted Network Supported’ dan pastikan tulisannya ‘Yes’

    2

    Kalau tulisannya ‘No’, artinya laptop tidak bisa digunakan sebagai hotspot 😦

     

  2. Buat hotspot
    Ketik baris ini di command prompt:

    netsh wlan set hostednetwork mode=”allow” ssid=“Nama Hotspot” password=“Passwordwifinya”

    Yang merah-merah diganti ya.

  3. Nyalakan Hotspotnya
    Ketik:

    netsh wlan start hostednetwork

  4. Hubungkan internetnya
    Pergi ke Network Connection dengan cara tekan tombol windows+R lalu ketik ncpa.cpl dan enter. Akan terbuka jendela seperti ini:
    3

    Klik kanan pada network yang ada internetnya (di sini Wireless Terminal) dan pilih Properties

    4

    Ke tab ‘Sharing’, centang pilihan pertama, atur kotak di bawahnya sehingga sesuai dengan wireless hotspot yang kita buat (biasanya namanya Local Area Connection* xx)

    Selesai! Di dunia tanpa cela, kamu tinggal nyalain wifi di hp, cari hotspot yang baru dibuat, dan konek. Kalau kamu sudah berhasil konek di tahap ini, selamat! Kamu sepertinya sedang berada di dunia yang sempurna.

Bagi yang belum bisa, tenang, kamu tidak sendiri. Masalah apa sih yang mungkin dihadapi??

1. JANGAN DISCONNECT HOSTED NETWORK SECARA GUI

5

Pokoknya jangan

Kalau mau disconnect, ketik netsh wlan stop hostednetwork dari cmd. Tapi kalau terlanjur seperti saya yang berakibat pada error seperti berikut:

 

The hosted network couldn’t be started. The group or resource is not in the correct state to perform the requested operation.

Penyelesaiannya, tekan tombol windows+X kayak tadi, tapi pilih Device Manager. Pilih menu View>Show Hidden Devices dan di bagian Network Adapter cari Microsoft Hosted Network.

6

Klik kanan, pilih enable (di sini udah nyala jadi adanya disable)

Kalau ga bisa di enable dan pas di properties tulisannya device tidak terpasang, coba restart. Tadi juga masih gitu sih setelah di restart, anehnya pas didiemin tiba-tiba bisa lagi. Yup, Windows’s mystery.

 

2. GA BISA PILIH LOCAL AREA NETWORK

4

Pas di langkah ini, ga bisa milih/ga ada pilihan local area network

Coba uncheck dan OK, tutup jendela, lalu coba lagi. Kalau ga bisa restart. Kalau ga bisa juga, coba check pilihan ini di jaringan yang lain (Wifi misalnya) dan lihat ada ga pilihannya? Kalau ga ada… restart lagi (serius, never doubt the power of restart sampe botak).

3. Tiba-tiba pas di OK setelah milih Local Area Network, muncul error “the services cannot accept control message at this time

Jangan sedih, saya juga kena ; _ ; . Tandanya ada service yang bermasalah, yakni Internet Connection Sharing nya. Buka Task Manager (windows+X, Task Manager) lalu ke tab service dan cari service tersebut.

7

Kalau lagi bermasalah, tulisan statusnya bisa ‘Stopping’ atau ‘Starting’

Coba klik kanan lalu pilih start/stop. Kalau ga bisa, restart (maaf sarannya gini2 aja). Setelah restart biasanya dia stopped dan ga mau jalan sebelum internet terhubung dan hosted networknya di start (caranya kayak di atas). Tapi kalau masih ga bisa start, pilih open services (tulisan warrna biru di bawah itu loh), cari Internet Connection Sharing, klik kanan, Properties, atur Start Up type jadi Automatic.

Oh ya, sekalian Routing and Remote Access Service nya juga dijadiin Automatic.

4. Masih ga ada internet

Udah semua langkah tapi ga bisa internetan? Cek dulu masalahnya ada di Hosted Network atau bukan dengan cara buka Network Connection (windows+R, ketik ncpa.cpl), klik kanan pada Local Area Network* xx, Status.

7

Harusnya tulisannya begini

Kalau nggak begini, ada masalah di servicenya. Ikuti langkah 3 di atas sampai bagian mengaktifkan Routing and Remote Access. Masih ga bisa? RESTART :”)

5. Udah tulisannya begitu, di hp masih limited?

Selamat! Anda hidup di dunia yang penuh dengan ketidak pastian. Tidak ada yang sahih di dunia tersebut. Anda telah mencapai level kejenuhan yang maksimal seperti saya. Solusi? Tidur. Restart tubuh. Coba lagi besok. Beli paket data. Beli modem wireless dan berjanji sama diri sendiri buat ga ngilangin lagi, kalo perlu dikalungin aja sekalian 🙂

2 thoughts on “Cara Membuat Modem USB Menjadi Wireless Hotspot

  1. hufhhht… bener2 udah di tahap jenuh, solusi,y kek,y tidur! udah seharian ini aja kerjanya. Mulai nabung aja dah, buat beli modem mifi-_-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s